PERBAIKAN NILAI COS PHI PADA LISTRIK PLN UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAYA LISTRIK PADA INSTALASI RUMAH DI INDONESIA

Jumat, 17 Oktober 2014

           Penggunaan listrik di indonesia dari tahun – ketahun telah mengalami penambahan konsumen, baik dari segmen perusahaan ataupun untuk rumah tangga,yang berdampak pada kebutuhan industri mikro dan masyarakat konsumen listrik di indonesia. Hal ini berpengaruh pada harga energi yang semakin mahal di indonesia, pada segmen industri kecil dimana daya yang dibutuhkan cukup besar dan daya pada kebutuhan rumah tangga di indonesia semakin selain itu,faktor daya mempengaruhi biaya penggunaan listrik yang diakibatkan oleh penurunan faktor daya pada listrik.
Faktor daya pada peralatan elektronik rumah tangga kurang maksimal disebabkan faktor daya yang rendah dengan cos φ kurang dari 0,85 lagging, akan tetapi pada instalasi listrik PLN menggunakan nilai cos φ sebesar 0,85,ketika alat elektronik pada rumah tangga dinyalakan ataupun dimatikan menyebabkan nilai faktor daya yang bisa berubah setiap saat.
            Upaya untuk mengatasi hal tersebut dipasang rangkaian kapasitor yang terangkai paralale pada instalasi rumah ,sehingga faktor daya yang diperbaiki dapat meningkatkan nilai efisiensi faktor daya.
Dari hal diatas saya mempunyai gagasan apabila pada suatu rumah dipasang kapasitor bank untuk memperbaiki faktor daya, diamana hal ini bisa meningkatkan efisiensi penggunaan listrik pada rumah tangga di indonesia. Bagi konsumen listrik rumah tangga perbaikan faktor daya merupakan suatu investasi yang bagus dimana efisiensi bertambah dan  penggunaan listrik menjadi lebih optimal , sehingga PLN juga dapat mensuplai arus ke pelanggan lebih banyak juga.
Faktor-faktor yang membuat pemakaian banyak atau sedikit adalah beban yang dilayani dan waktu yang ditempuh oleh suatu peralatan listrik. Menurut teori kelistrikan ,beban listrik mempunyai 3 sifat  yaitu bersifat resistif, kapasitif dan induktif.  Sifat tersebut mencerminkan bendanya yaitu Tahanan untuk sifat resistif, kapasitor untuk sifat kapasitif dan induktor (kumparan) untuk sifat induktif, seperti pemakaian peralatan listrik rumah tangga yang mempunyai kumparan seperti kipas,motor,mesin cuci dapat menyebabkan drop tegangan sehingga dapat menurunkan faktor daya.
     Meningkatan faktor daya untuk rumah yang dipasang kapasitor bank bertujuan untuk meningkatkan nilai faktor daya dari 0,85 menjadi 0,95 atau mendekati nilai 1.Apabila daya yang diberikan dari PLN adalah 880 VA  yaitu hasil perkalian dari rumus :
P = V x I (220 x 4 = 880 VA )
                                                                                     

listrik yang  masuk ke suatu baban, akan terjadi perubahan nilai faktor daya (cos φ) yang kurang dari 1 (satu) misalnya 0,6 – 1, bila nilai cos phi 0,8.  Jika di masukan dengan rumus daya (daya nyata) P = V x I x Cos φ maka di peroleh
P = 220 x 4 x 0,8 = 704 watt.
704 watt merupakan daya maksimal yang bisa kita gunakan, lebih dari nilai tersebut MCB sebagai pembatas akan Trip (jatuh). Jika pemakaian sehari – hari adalah 700 an watt, maka pemakaian daya tersebut sudah maksimal padahal belum mencapai 880 Watt.
sehari hari adalah 704 watt adalah maksimal. Nah dengan di perbaiki faktor dayanya kita bisa memanfaatkan secara maksimal daya dari PLN sebesar 880 VA jadi dengan begitu terjadi selisih sebesar 880 – 704 = ± 176 watt, jika Cos φ di perbaiki maka bisa Hemat Listrik  176 wat, jika tidak di perbaiki maka kerugian daya listrik yang dialami juga 176 watt.
Dengan rincian perhitungan jika Cos φ =  1 maka berdasarkan rumus P = V x I x Cos φ
P = 220 x 4 x 1 = 880 watt
Maka dari itu kapasitor bank menjadi alternatif yang prinsip kerja dari alat tersebut sebenarnya adalah memperbaiki faktor daya suatu beban (memperbaiki nilai Cos φ menjadi 1 ) agar daya listrik yang di batasi oleh PLN dapat dimanfaatkan secara maksimal, .maka penggunaan daya listrik optimal bedampak secara tidak langsung penghematan biaya penggunaan listrik pada Rumah tangga.
Dengan ide yang disampaikan melalui blog ini dihapkan dapat menjadi inspirasi oleh pihak PLN dan masyarakat di indonesia sehingga penggunaan listrik dapat dimanfaatkan secara maksimal tanpa mengurangi keandalan sistem.

Comments

16 Comments

RSS
  1. Untuk nilai 4 dari I (arus) di dapat dari mana?
    Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. 4 itu di ketahui dari daya pada meter listrik di bagi dengan tegangan. misalkan meter listrik 900watt di bagi dengan tegangan 220 akan ketemu 4.099 amper dan di bulatkan menjadi 4 amper. setahu saya begitu. silahkan di koreksi.

      Hapus
    3. Bukan bang, 4 itu di ambil dari MCB 4 ampere, kalo 2 ampere itu pelanggan 450, 4 ampere pelanggan 880/900 va

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. kalo gak salah nilai 4 itu mcb nya jd berapa mcb drumah kita itu dikali dengan tegangan dirumah kita misal 220 v x4 mcb= 880 watt dibulatkan jd 900 watt kalo gak salah sih,koreksi jika salah

    BalasHapus
  4. Apa yang dimaksud dengan capasitor bank? Dan gimana bentuk nya?

    BalasHapus
  5. Memperbaiki cos phi tidak akan menghemat biaya penggunaan listrik rumah tangga, kenapa? Karena daya semu (baik Induktif maupun kapasitif) bagi pelanggan rumah tangga selama ini tdk dihitung oleh pln alias gratis. Perbaikan cos phi justru akan bermanfaat bagi pln krn pln bisa menyalurkan daya listrik yg lebih besar ke masyarakat

    BalasHapus
  6. Kalau kapasitor yang harus dipakai yg ukuran berapa agar cos phi jadi satu

    BalasHapus
  7. Setahu saya kapasitor bang lebih efektih di alirian 3 fasha.pemakaian 1 fasha seperti rumah pada umunya kurang efektif .kalo pendapat saya keliru mohon di koreksi temen temen semua🙏🙏

    BalasHapus
  8. Setahu saya cos phi itu 0,8 maksimal (kenyataannya)
    Jika beban banyak berupa kumparan (ada di kulkas, lampu, dispenser dwst), maka cos phi akan turun lebih rendah dari 0,8, misalnya 0,6
    Jadi kalau memakai kapasitor bank itu untuk mengembalikan cos phi ke 0,8 bukan ke-1

    BalasHapus
  9. sebelum saya pake pake capasitor saya lihat di kilo meter cos phi 1.00 setelah pake capasitor malah jadi turun jadi 0.97 waktu uji coba saya menggunakan pompa air, saya jadi bingung dengan teori dalam perakteknya gak sama

    BalasHapus
  10. Saya punya kendala gan . kenapa cosphy PLN dan cosphy konsumen tidak sama..... apakah penyebab nya.......

    BalasHapus
  11. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  12. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus

Copyright @ 2013 trik n tips. Designed by Templateism | MyBloggerLab

my tweet

About Metro